0%

Lokasi Bersejarah yang Ada di Surabaya

Posted By: admin On:


Share this post

Bulan november memang selalu kita peringati sebagai hari pahlawan. Dan kalo ngomongin soal hari bersejarah ini, Surabaya ga pernah terlepas dari momen momen bersejarahnya. Nah kali ini, kita akan napak tilas dimana aja momen momen sejarah para pahlawan yang ada di Surabaya..

1. Hotel Majapahit
Hayo coba masih inget gak ada momen sejarah apa yang ada di hotel majapahit ini… kalo kamu lupa, sekedar mengingatkan aja nih kalo di hotel ini lah perobekan bendera jepang. Kamu bisa loh buat ikutan tour hotelnya. Cukup bayar 85 ribu aja udah bebas mau keliling hotel bersejarah ini. Lagian selain tempatnya yang historical banget, juga bagus buat foto-foto

2. Jembatan Merah
Tau ga sih kamu kalo dulunya justru jembatan merah ini di bangun tuh buat menghubungkan daerah Surabaya timur ( daerah perdagangan ) dengan Surabaya Barat ( daerah khusus kolonial Belanda ). Nah tapi waktu pas pertempuran jepang ngelawan belanda, jembatan merah ini di alih fungsikan jadi pos pertahanan rakyat Surabaya. Dan sekarang kawasan jembatan merah udah jadi areah pecinan. Harus banget di kunjungin nih buat napak tilas hari pahlawan.

3. Gedung Internatio
Kalo kamu pernah belajar sejarah, nama pimpinan tentara inggris, brigadir jendral Aubertin Mallaby udah ga asing lagi pastinya. Dan di Surabaya ini, khususnya di Gedung Internatio ini lah brigadir jendral Mallaby tewas. Lokasi yang juga deket banget sama jembatan merah ini bisa kamu jadiin napak tilas perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah.

4. Penjara Kalisosok
Ternyata tempat bersejarah yang satu ini dulunya di gunain buat menahan tokoh penting Indonesia loh. Ada beberapa diantaranya tuh kaya W.R Soepratman, HOS Tjokroaminoto, dan K.H. Mas Mansyur. Nah tapi lebih berasa lagi napak tilasnya kalo kamu di bantu sama tour guidenya. Tapi kalo pun gak, kamu juga tetep bisa kok buat foto-foto di sudut-sudut yang ada muralnya.

5. Gedung Siola
Gedung ini juga terkenal sama sejarahnya. Dan dulunya gedung ini bernama Whiteway Laidlaw yang di miliki sama pengusaha tekstil asal inggris, Robert Laidlaw. Dan setelah beliau meninggal akhirnya gedung ini di beli sama pengusaha asal Jepang. Dan gedung ini juga sempat di gunain buat menaham serangan sekutu dari utara. Gedung ini pernah di bakar sama prajurit Surabaya. Terakhir gedung ini berfungsi sebagai pusat perbelanjaan alat-alat elektronik.


Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Expand
Play Cover Track Title
Track Authors