0%

SD Santo Yosef Surabaya : Beri Ruang Eksplorasi Bagi TK Se-Surabaya

Posted By: admin On:


Share this post

Mencetak pemuda-pemuda Indonesia yang berkarakter tentu tidaklah mudah dan instan, butuh proses yang panjang. Tugas bagi orang tua yang tidak kalah penting adalah mengenali minat dan bakat anak sejak usia dini. Minat dan bakat anak inilah yang nantinya akan menjadi life style, kemampuan khusus yang dimiliki anak untuk bertahan hidup dan menjadi sukses. Dengan cara apa minat dan bakat anak ini dapat berkembang ? Nah, Sahabat Keluarga dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan 5 tahap bagaimana mengembangkan minat dan bakat anak sejak dini, diantaranya memberikan stimulus, mengamati tingkah laku, perhatikan kecerdasannya, memberi dukungan positif, dan beri ruang eksplorasi.

            Memberikan ruang ekspolarasi adalah point terakhir yang baru-baru ini diwujudkan oleh SD Katolik Santo Yosef Surabaya. Sekolah dasar yang berlokasi di Jalan Joyoboyo ini memberikan ruang bagi siswa-siswi TK se-Surabaya untuk mengeksplorasi bakat dan minatnya dengan menyelenggarakan kegiatan “Seni & Kreasi, Lomba antar TK Se-Surabaya” dengan tema Generasi Unggul, Cerdas dan Berkarakter.  Beberapa lomba yang disajikan adalah, lomba mewarnai, lomba komputer, lomba tari, lomba fashion show, dan fun games bersama orang tua. Diikuti lebih dari 24 TK se-Surabaya , Yohanes Joko Winarto,S.Pd –  selaku Kepala Sekolah SD Santo Yosef Surabaya turut bahagia melihat antusias siswa-siswi TK ini. “Kami berharap kegiatan yang kami adakan setiap tahunnya ini dapat menjadi wadah bagi guru-guru TK dan para orang tua untuk melihat tumbuh kembang anak dalam bakat dan minatnya. Kegiatan ini juga mengajarkan anak-anak memiliki jiwa sportivitas tinggi saat mengikuti lomba” jelas Winarto saat menyampaikan pidatonya di awal kegiatan. 

                Beberapa ekspresi lucu juga tersirat di wajah adik-adik peserta lomba Sabtu pagi kemarin (26/10/2019). Terutama pada saat berada di atas panggung untuk mengikuti lomba tari, kemudian musik tiba-tiba berhenti, mereka mendadak saling melihat satu sama lain, dan wajahnya tersipu. Namun, kejadian teknis ini tidak menghentikan semangat mereka. Buktinya, pada saat musik nyala kembali, mereka masih asyik berjoget dan tertawa. Kegiatan lain yang mencuri perhatian adalah fun games bersama orang tua. Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam merekatkan hubungan orang tua dan anak. Dengan terlibatnya orang tua dalam kegiatan anak, maka anak akan merasa mendapat dukungan penuh dan semakin semangat dalam mengikuti lomba.


Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Expand
Play Cover Track Title
Track Authors