0%

“SAWUNGGALING ANAK DUNIA” YANG MENDUNIA

Posted By: arief bo On:


Mengembangkan kompetensi diri dan bakat anak tidak hanya melalui hal-hal yang berbau menghafal atau berhitung. Mulai sekarang orang tua juga perlu memperkenalkan anak-anak dengan dunia kesenian yang mampu mempertajam kemampuan otak kanannya. Tidak perlu bingung lagi jika ingin memperkenalkan anak-anak untuk belajar seni, apalagi kalau kamu berdomisili di Surabaya. Tau nggak kalau Surabaya punya “Rumah Kreatif” yang dibangun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya ? Nggak cuman latihan-latihan aja, terus disimpen diingatan. Tapi, hasil dari pelatihan di “Rumah Kreatif” ini juga dipertontonkan di depan umum, sebagai bukti bahwa Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya memenuhi komitmennya untuk melestarikan kesenian rakyat daerah.

“Siapa aja boleh ikut dan bergabung di Rumah Kreatif yang sudah ada dari tahun 2007 ini, nggak ada batasan umurnya juga buat warga Surabaya. Di sana ada 18 pelatih yang akan melatih paduan suara, tarian kreasi, hiphop, reog, jaranan, karawitan, musik, pedalangan, laying lauang, ludruk, teater, sastra, tembang mocopat, topeng, lukis krayon, lukis cat” kata Antiek Sugiharti Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

            Nah, kalau hari Minggu (18/08/2019) kemarin kamu sempet jalan-jalan pagi atau olahraga di CFD (Car Free Day) Taman Bungkul, pasti tau dan sempat lihat hasil dari proses pelatihan Rumah Kreatif Disbudpar deh. Dibuka dengan sambutan dari  Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini , event Kolaborasi Seni Budaya Hasil Pelatihan Rumah Kreatif yang bertajuk “Sawunggaling #Anak Dunia” siap dimulai dan siap disaksikan ribuan warga Surabaya yang berkumpul di sana, tepat pada pukul delapan pagi. Kegiatan yang disutradarai oleh Cak Heroe Budiarto ini melibatkan sekitar 540 peserta. Pagi itu, semua kegiatan seni yang ada di Rumah Kreatif dikemas begitu apik dalam durasi 80 menit. Ada tari-tarian, jaranan dan remo masal yang mencuri perhatian. Cerita yang diangkat dalam pertunjukan drama adalah sosok Sawunggaling.

Sawunggaling yang juga dikenal sebagai Jaka Berek , seorang ksatria gagah dan berani yang lahir di desa Sambikerep Surabaya. Bersama ayam jago kesayangannya, sosok Sawunggaling menggambarkan spirit, semangat belajar kerasnya tidak pernah padam, berani menghadapi segala masalah. Sifat Sawunggaling ini yang diharapkan Pemerintah Kota Surabaya dapat dicontoh masyarakat Surabaya di mana kita berani menghadapi persaingan dengan negara-negara maju lainnya, tidak mudah menyerah dan selalu bekerja keras untuk menggapai cita-cita.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Play Cover Track Title
Track Authors