0%

TEDxJalanTunjungan “Children Development”

Posted By: arief bo On:


Sekarang ini masalah mengenai anak memang paling rawan dan jadi topik yang hangat untuk dibahas. Inilah yang membuat TedxJalanTunjungan, suatu organisasi sosial yang ada di Surabaya, dan dibawah lisensi TED, California, Amerika Serikat untuk mengadakan Xplore TedxJalanTunjungan. Bersama TedxJalanTunjungan, masyarakat Surabaya terutama para orang tua yang ingin anaknya sukses di masa depan, diajak untuk lebih peduli terhadap kasus-kasus yang mungkin terjadi di kalangan anak-anak ini. Dengan mengangkat tema “Children Development” TedxJalanTunjungan menghadirkan speakers yang akan membahas topik seputar “Menjamin Anak Sukses di Masa Depan”  dari tiga aspek yaitu Education (Pendidikan), Safety (Keselamatan), dan Health (Kesehatan). Di antaranya ada Amelia Marihesya, yang merupakan Co-Founder Kita Peduli Anak Indonesia. Komunitas sosial yang fokus pada pencegahan kekerasan seksual untuk anak-anak di Surabaya. Selain itu juga ada Priyono Adi Nugroho, pemerhati anak dari Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur.

            Tidak hanya materi-materi serius yang dibahas di sana. Kegiatan yang berlangsung selama  dua jam di Michael TJ Gelato and Café ini juga sangat menghibur, terutama untuk anak-anak kecil yang ada di sana kala itu. Ada kegiatan yang diberi nama “Waktu Indonesia Bermain”. Untuk semua peserta yang hadir, permainannya melalui akun instagram pribadi masing-masing dan harus selalu melihat postingan story dari @TEDxJalanTunjungan. Sedangkan untuk anak-anak, mereka diajak untuk ikutan baby shark dance bersama teman-teman panitia. Kegiatan yang sesaat dapat mencairkan suasana ini hanya ada dibagian tengah acara saja, dan berikutnya dilanjutkan dengan kegiatan diskusi bersama narasumber.

            Siapa saja boleh berbicara dan berpendapat tentang topik hari itu. Ada yang membahas tentang pilihan hidup dan kebebasan orang tua, ada juga yang membahas bahwa tidak semua masa kecil itu berjalan sangat ideal, kemudian ada yang menambahkan bahwa soft skill sangat berpengaruh besar bagi kesusksesan anak di masa datang. Pembahasan yang cukup beragam ini, sesungguhnya ingin menjelaskan kepada orang tua atau mereka yang kelak akan menjadi orang tua, bahwa perkembangan anak itu tidak hanya tergantung pada satu aspek saja, tetapi keseluruhan. Seperti hiburan/tayangan, teknologi, keterampilan, pendidikan, kawan/teman, dan masing banyak lagi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Expand
Play Cover Track Title
Track Authors