0%

ANAK DISERANG CYBER BULLYING? JANGAN PANIK!! INI TIPS MENGHADAPINYA

Posted By: arief bo On:


Cyber bullying bukan lagi jadi kata yang aneh sekarang. Kasus ini bisa nyerang siapa aja, kita sendiri, temen kita, sampai orang terdekat termasuk anak kita. Jangan panik, tetap tenag, soalnya kita bakal bagi beberapa cara buat nanganin korban cyber bullying.

  1. Yakinkan si anak apa yang terjadi, itu murni kesalahan sang pelaku bully bukan kesalahan si anak.

Dengan begitu si anak tidak menyalahkan dirinya atau orang lain. Dan paling penting lainya, orang tua harus bisa membangun rasa kenyamanan, dan ngasih dukungan pada saat si kecil sedang mengalami cyber bullying.

  1. Bicarakan juga pengalaman kita yang pernah jadi korban bullying agar si kecil tidak merasa sendirian.

Jangan lupa berikan pujian ke si kecil karena sudah berani untuk berbicara kepada kita, tentang kasus pembullian ini. Yakinkan juga ke si kecil kalo kita bisa membantunya untuk nemuin jalan keluarnya. Dan juga lebih baik kalo ada dari pihak sekolah entah dari kepala sekolah, atau guru. Situasi sebenernya yang terjadi. Tapi sebelum melaporkan, kasi tau dulu ke si kecil agar kita bisa menyusun rencana yang buat si kecil juga merasa nyaman.

  1. Fokus kan ke si kecil untuk gak usah menanggapi apa yang terjadi, karena hal itu malah bisa tambah memperburuk keadaan.

Hal ini juga bisa cepat membantu meredakan psikis yang diderita si kecil. Dan tanamkan juga kepada si kecil untuk selalu bersikap cuek dengan hal yang tidak sesuai fakta. 

  1. Blockade pelaku intimidasi

Karena sebagian besar sekarang social media sudah punya fitur untuk memblokade.

  1. Batasi akses teknologi

Pastikan kalo tidak ada laptop, atau hp di kamar anak. Dan juga buat lah batasan penggunakan hp atau laptop. Dan yang ga kalah penting juga, selalu awasi anak dalam penggunaan teknologi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Expand
Play Cover Track Title
Track Authors