Interview
Selasa, 03/01/2012 13:46 WIB
HELLO Beranjak Dewasa di Album ke 2, "Kepala Batu"
Grup band asal Salatiga, Yogyakarta terbentuk tanggal 19 Desember 2007
 

Tanggal 4 Mei 2011 pukul 13.15 WIB, grup band asal kota Salatiga, Yogyakarta, ini datang ke M Radio Surabaya. Dengan full personil, Hello Band yang terbentuk tanggal 19 Desember 2007, hadir dengan membawa karya terbarunya, yaitu album ke dua berjudul “Kepala Batu”. " Cukup lama dari album kami yang pertama, sekitar hampir dua tahun, dan itu bisa dikatakan terlambat”, ujar Widi, sang vokalis Hello saat menceritakan keterlambatannya merilis album berjudul “Kepala Batu”. Seperti apa lengkapnya, langsung simak cerita mereka satu ini.

Tadi bicara soal terlambat, maksudnya apa nih ?
Widi’Hello, "Bisa dikatakan terlambat, tapi kami mempersiapkan album kami yang kedua kita ini sematang mungkin. Dan kami juga merasakan musik kami mengalami pendewasaan. Aturan sebenarnya, setiap tahun kita kami harus mengeluarkan satu album. Dan waktu itu di album pertama, kami terlalu enjoy dengan off air, jadi kita ada beberapa tour yang belum kami selesaikan dan itu waktu yang sangat panjang. Sebelum album kedua ini, kami mengeluarkan single untuk menambah nafas kami, yaitu lagu berjudul “Dua Cincin” dan “Pilihan Hati”. Baru itu, single ke 3 “Kepala Batu” ini sekalian kita keluarin album ke dua dengan judul yang sama. Jadi bisa katakan album “Kepala Batu” ini memang cukup terlambat”.

“..musik kami mengalami pendewasaan”

Tadi sempet cerita, kalau musik di album ke dua cukup dewasa, bisa ceritain seperti apa pendewasaannya ?
Gavet’Hello, "Konsep musik album ke dua Hello, kita sudah “banyak makan garam” di industry musik Indonesia. Banyak banget yang sudah kasih masukan dari senior, dari pihak produser, dan MD (music director), jadi kita sudah menemukan kharakter musik yang mewakili Hello. Dan di album pertama, Hello masih pencarian diri, dan alhamdulliah di album kedua kita udah menemukan musik Hello yang mewakili setiap kepala personil Hello”.

“..album pertama, Hello masih pencarian diri..”

Musik Hello itu seperti apa ?
Widi’Hello,"Musik Hello itu sebenarnya, basic-nya tetap Pop. Cuma waktu album pertama dengan lagu “Ular Berbisa”, memang kita agak sedikit ‘nyeleneh’, soalnya pada waktu itu banyak yang lagi menjamur di industrin musik Indonesia, adalah lagu-lagu Pop yang melayu. Pada waktu itu kita pengen bikin apa yang beda, soalnya kalau gak beda pastinya enggak keliatan. Akhirnya tetap kembali lagi ke Pop, tapi lebih ke beat dan lebih groovie. Dan alhamdulilah banget, ternyata di respon baik oleh masyarakat Indonesia dengan banyaknya yang request ke radio - radio dan banyaknya acara – acara buat Hello”.

“..memang kita agak sedikit ‘nyeleneh’..”

Untuk Lirik di album “Kepala Batu” gimana ?
Gavet’Hello, "Lirik album kedua Hello, “Kepala Batu” yang berisikan 10 lagu, lebih spesifikan jadi lebih kelihatan kharakter musik Hello sekaligus membawa kharakter lirik yang ke nakal, ‘nyeleneh’, dan aneh. Dulu seperti “Ular Berbisa”, dan kita lebih memperkuat lagi dan lebih di spesifikan seperti yang baru ada “Kepala Batu”, “Pindah Lantai”, “2 cincin”, “Ikan-Ikanmu”. Kita enggak cuma mikirin musik doang, buat ngebedain dari band lain, tapi kita juga mikirin dari segi lirik biar Hello bisa difference dari band-band lain”.

“Kita enggak cuma mikirin musik doang, tapi kita juga mikirin dari segi lirik biar Hello bisa difference dari band-band lain”

Apa yang beda, selain musik, dan lirik. Kalau cover album “Kepala Batu” ini bedanya apa ?
Widi’Hello, “Cover itu mau diganti. Kami ada sedikit cerita, sebenarnya kita sudah launching di Hongkong, tepatnya di bulan Februari 2011. Dan kami sangat senang dapat penghargaan yang luar biasa dari teman-teman kita yang ada di Hongkong. Mereka sangat antusias dengan album kami yang baru dan kami dapat deadline, jadinya cover album itu pakai foto yang lama karena kita enggak sempat foto dan kita bikin cover, dan ternyata eksekutif producer kita gak setuju dengan cover yang sekarang ini. Jadi lucunya, untuk album ke dua ini, ada produk cover yang pertama dan ada cover produk yang kedua”.

Selesai bercerita tentang konsep musik, lirik, dan cover album ke dua “Kepala Batu”. Dengan semangat Widi bersama iringan sang gitaris Hello, Gani langsung jamming lagu lawasnya berjudul “Ular Berbisa”. Usai akustikan, Widi, Gavet, Gani, Dedy, dan Prima melanjutkan ceritanya.

Buat masing-masing pesonil Hello, ceritain dong track mana yang kalian suka dalam album “Kepala Batu” ini ?
Gavet’Hello, “Di album kedua yang ber-title “Kepala Batu” disini ada beberapa track, yang mempunyai judul yang cukup unik dan bisa di bongkar-bongkar. Untuk pertama yang paling terakhir di ciptain, judulnya “Beda Lantai”, ceritanya lebih ke simbol tentang kisah cinta dua sejoli yang berbeda kasta. Seperti Si miskin dan Si kaya. Disini kita mau kasih pesan, kalau cinta itu tak terbatas oleh apapun termasuk kasta. Dan kita simbolkan dengan ungkapan Beda Lantai”.

Gani’Hello, "Berikutnya di track No. 2 judulnya “Di Antar Bintang”, seperti lagu sebelumnya, “2 cincin”. Di Antara Bintang ini mungkin akan dirilis setelah single ke 3, Kepala Batu. Bercerita tentang kisah cinta juga, dimana pasangan ini udah jadian lama, terus lihat cewek lain yang lebih baik. Di sound yang pertama ada kata - kata seperti maafkan atau ungkapan penyesalan dari pasangannya yang sudah membuat kecewa. Ungkapan Di Antara Bintang ini maksudnya bisa diantara laki - laki atau diantara perempuan, hanya kamu yang paling terang atau yang terbaik”.
Dedy’Hello, "Untuk selanjutnya, di track no. 8 yang judulnya “Ikan-ikanmu”. Ini agak unik judul lagunya. Kata Gavet sih, dia terinspirasi waktu pulang ke rumahnya di Ambarawa melihat ikan di Rawa Pening. Terus dia mikir kenapa enggak bikin lagu judulnya Ikan-Ikanmu. Cerita “Ikan-ikanmu” ini tentang ungkapan kenakalan seseorang yang memiliki simpanan dimana-mana. Dia punya cewek atau cowok dimana-mana. Ikan-Ikanmu ini ibarat seperti, aku bukan peliharaan yang gampang di kasih makan”. Widi pun ikut menambahkan, "sebenarnya lagu ini unik banget, dari segi liriknya juga unik, jadi ini ungkapan "aku enggak bisa nih, kamu pikir aku seperti simpanan-simpananmu lainnya, gampang kamu bujuk, dan aku sudah tahu kelakuanmu, jadi sudah ajah deh, begitu ceritanya”.
Prima’Hello, "Untuk track ke 6 di album ke 2 Hello, judulnya “Suka Gila” masih unik juga judulnya. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang tergila-gila terhadap cewek atau cowok, pokoknya perasaannya yang gila (sambil tertawa)”.

Widi’Hello, " Ini track yang terkeren, track no.7 judulnya “Petualangan Cinta”. Ini adalah sebuah cerita dimana, bahwa banyak sekali fenomena disekitar kita banyak pasangan-pasangan yang tidak setia, nah ini lagunya cocok banget nih. Dia punya pacar dimana-mana, memang sang petualang cinta, setelah mendapatkan apa yang diinginkan dan mendapatkan sesuatu hal, dia tinggalin, terus cari yang baru lagi. Pada intinya lagu ini menceritanya seseorang yang suka gonta-ganti pacar”.
Sudah bikin video klip untuk single “Kepala Batu” ?
Widi’Hello, "Kita sudah bikin video klipnya untuk single “Kepala Batu”. Launching pertamanya di Hongkong tanggal 18 Februari 2011 dan tanggal 18 Maret 2011 kita juga sudah launching di MU Cafe Jakarta. Hello sangat senang karena respon masyarakat yang luar biasa positif dan berharap juga diikuti dengan lagu-lagu yang lainnya karena kami mencoba menawarkan lagu yang berbeda dari segi warna musiknya.

Setelah menceritakan rasa senang mereka mendapat respon positif dari teman-teman di Hongkong, single “Kepala Batu” pun langsung dimainkan mereka. Diiringi permainan Gani sang gitaris, Widi langsung menyanyikan single “Kepala Batu”.

Video live perform Hello :


Pertanyaan terakhir, Hello mau sharing buat temen-temen band di Surabaya atau juga yang ada di Yogyakarta ?
Gani’Hello, "Buat temen-temen yang punya band dan ingin berkarir di dunia band, tetap total di musik agar bisa bertahan. Terus berkarya, terus eksis di Radio, di Kampus, dan di Sekolah, siapa tahu disitu bertemu orang yang sedang mencari bakat temen-temen di dunia band. Pada intinya tetap berkarya lagu bagus dan memiliki ciri khas yang kuat dan menjadi karakter band kamu.
Widi’Hello, "Kota Surabaya merupakan gudang musisi handal yang luar biasa, kita menyebutnya kota rock dari dulu, dan mudah-mudahan dari kota Surabaya muncul band baru yang luar biasa, mungkin tetap dengan ciri khasnya rock-nya tapi dengan balutan musik yang berbeda lagi, percaya pasti teman - teman band Surabaya sudah pintar – pintar dan cerdas - cerdas, dan ayo sama-sama ramaikan belantika musik Indonesia.
“Ayo sama - sama ramaikan belantika musik Indonesia”

Enggak terasa sudah 1 jam lamanya wawancara bersama ke lima pesonil Hello. “Ayo sama - sama ramaikan belantika musik Indonesia”, pesan Widi untuk teman - teman muda Surabaya sekaligus akhir pembicaraan Hello di M Radio Surabaya. Semoga spirit Hello, menggugah semangat kamu untuk jadi grup band di Indonesia !

Follow Twitter : @HELLO_BAND
(Foto: Galaery M Radio 98.8 FM)

Baca Juga  
Jumat, 12/07/2013 11:38 WIB
Musik Tradisional Adalah “ Aku ”
Senin, 24/06/2013 18:32 WIB
Barry Likumahuwa
Sabtu, 15/06/2013 12:08 WIB
kincirdotcom, online fansclub punya Indonesia
Selasa, 21/05/2013 13:00 WIB
AMPM
Selasa, 21/05/2013 11:21 WIB
JIMMU
Selasa, 14/05/2013 11:52 WIB
Vegan
Jumat, 10/05/2013 14:15 WIB
3 IN 1
Jumat, 10/05/2013 14:10 WIB
Latinka
 
 
Lagu Baru Lagu Bagus
Chat Box
M-Gallery
166
165
162
161
160
159
158
149
146
143
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10