Interview
Kamis, 09/02/2012 04:13 WIB
Penta Boyz: "Acapella itu Tidak Jelek Loh !"
Dari beberapa kandidat, akhirnya Penta Boyz yang terpilih untuk membawakan lagu Sayang Bilang Sayang
 

Pada 14 September 2011, para personil Penta Boyz hadir ke M Radio Surabaya tepat pukul 2 siang. Terdiri dari Indra (baritone & sopran), Armando (bass), Roni (tenor), Joka (arranjer), dan Marta (perkusi), menampilkan format acapella di musik Indonesia. Sambil menunggu waktu interview, personil Penta Boyz pun saling bersenda gurau di ruang tamu M Radio. Seperti apa cerita awal terbentuknya grup vokal acapella satu ini, yuk ikutin cerita berikut ini !

Awal terbentuk Pentaboyz ?
Armando’Penta Boyz, “Pentaboyz berdiri dari tahun 2000 yang asal mulanya berdiri dari satu wadah, paduan suara. Dari paduan suara itu, kita iseng-iseng bikin format acapella, dan banyak respon positif dari iseng-iseng. Akhirnya kita sepakat untuk membentuk grup vokal acapella dengan nama Penta Poyz.

“Kita iseng-iseng bikin format music acapella”

Kenapa memilih format acapella ?
Indra’Penta Boyz, “karena, saat pertama kali di paduan suara, kita sering dengerin grup vokal asal Amerika BOYZ II MAN dan mereka juga suka bawain format acapella, akhirnya kita iseng-iseng coba acapella. Kebetulan di Indonesia belum familiar jadi kita punya misi gimana cara agar acapalla bias diangkat di dunia music Indonesia. Acapella itu tidak jelek loh, maksudnya punya ciri khas sendiri. Makanya kita pengan kasih tau temen2 pendengar semua, bahwa acapella bias dinikmati dan bias jadi warna baru musik Indonesia.

“Acapella itu tidak Jelek loh,”

Apa sih kesulitan membuat musik acapella ?
Joka’Penta Boyz, “Dari sisi notasinya acapella sih tidak terlalu sulit, tetapi yang lebih sulit itu saat kita mencari soundnya masing-masing. Seperti suara lagu daerah sendiri, contoh di Jawa ada suara gamelannya, atau dari Aceh, Ambon seperti apa sih suara alat musik tradisionalnya. Jadi yang membuat sulit itu membuat sound-sound dari tiap daerah”.

Bermula dari tawaran manajer Penta Boyz untuk nyanyiin satu lagu yang di kasih oleh Tracy Imut, berjudul “Sayang Bilang Sayang”. Proses seleksipun mereka lalui, seperti apa cerita single pertama Penta Boyz, ikutin cerita satu ini.

Cerita dong tentang single pertama Pentaboyz “Sayang Bilang Sayang” ?
Joka’Penta Boyz, “Pada awalnya, kita ditawarin sama manajer kita untuk coba bawain satu lagu yang dikasih sama Tracy Imut ke Penta Boyz. Kita coba dan records secara pribadi, trus hasilnya kita bawa ke yang punya Tracy Imut sendiri. Dari beberapa kandidat, akhirnya Penta Boyz yang terpilih untuk membawakan lagu Sayang Bilang Sayang”.


“Dari beberapa kandidat, akhirnya Penta Boyz yang terpilih untuk membawakan lagu Sayang Bilang Sayang”

Selain “Sayang Bilang Sayang, Penta Boyz pernah acapella karya dari siapa ?
Marta’PentaBoyz, “di luar itu, karya-karya kita yang lain, banyak mengeksplor, musik-musik budaya Nusantara, dan lagu-lagu daerah kita acapellakan”.

Apa nih yang special buat Penta Boyz sendiri ?
Marta’PentaBoyz, “Dari perjalanan kita selama 11 tahun, banyak banget yang special. Tahun 2001, kita pernah ikut "The Golden Stag International Song Festival" di Rumania. Di festival itu, kita meraih penghargaan, "The Best Performance" atau Juara I. Dari Asia cuma Indonesia yang mewakili 23 Negara yang ikut. Ada dari Jerman, Kanada, Amerika, dan negara lainnya. Kita juga ngerasa bangga, karena kita pernah tampil di Istana Negara dan dari situ, kita mendapatkan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk acapella pertama yang tampil di Istana Merdeka”.


Apa nih motivasi Penta Boyz buat teman-teman Mradio ?
Roni’Penta Boyz, “Buat teman-teman yang lagi merintis acapella juga, jangan merasa sendiri atau putus harapan untuk ngejalanin yang nama acapella. Percaya diri, digali terus, dieksplor terus supaya acapella-acapella yang ada tambah banyak lagi dan tambah maju lagi”.

“Percaya diri, digali terus, dieksplor terus supaya acapella-acapella yang ada tambah banyak lagi dan tambah maju lagi”.

Enggak terasa sudah 1 jam lamanya wawancara bersama ke lima pesonil Penta Boyz. “Percaya diri, digali terus, dieksplor terus supaya acapella-acapella yang ada tambah banyak lagi dan tambah maju lagi” pesan Roni untuk teman - teman muda Surabaya sekaligus akhir pembicaraan Penta Boyz di M Radio Surabaya. Semoga motivasi Penta Boyz, menambah percaya diri kamu untuk memajukan musik acapella, khususnya di Indonesia !

Twitter : @pentaboyz
Facebook : Penta Boyz

Baca Juga  
Kamis, 11/07/2013 23:38 WIB
Musik Tradisional Adalah “ Aku ”
Senin, 24/06/2013 06:32 WIB
Barry Likumahuwa
Sabtu, 15/06/2013 00:08 WIB
kincirdotcom, online fansclub punya Indonesia
Selasa, 21/05/2013 01:00 WIB
AMPM
Senin, 20/05/2013 23:21 WIB
JIMMU
Senin, 13/05/2013 23:52 WIB
Vegan
Jumat, 10/05/2013 02:15 WIB
3 IN 1
Jumat, 10/05/2013 02:10 WIB
Latinka
 
 
Lagu Baru Lagu Bagus
Chat Box
M-Gallery
202
201
200
199
198
196
195
194
192
193
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10